Senin, 06 November 2017

5 Fakta menarik dari Film Tentang Bencana

Gerakan palang merah dan bulan sabit merah  Internasional bergerak dalam bencana


Setiap hari di berbagai belahan dunia,  kejadian bencana terjadi . Data statistik menunjukkan jumlah kejadian, korban dan dampaknya yang terus meningkat. Untungnya peningkatan ini diikuti dengan meningkatkan minat masyarakat maupun lembaga yang consern dengan kebencanaan. PMI salah satunya, sebagai bagian dari gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional selalu berperan penting dalam kebencanaan di Indonesia. 

Di sisi lain, dunia kreatif pun turut meramaikan dunia bencana. Penggiat seni yang kemudian menghadirkan genre baru dalam perfilman.  Muncullah kemudian film yang tertarik seputar bencana.

Apa itu Film tentang Bencana?

Film tentang bencana atau bahasa kerennya disaster movie adalah film yang menyajikan cerita dengan setting tentang kebencanaan. Baik bencana alam seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung, gunung meletis; maupun bencana sosial/ ulah manusia seperti kecelakaan pesawat, perang, konflik etnis, dan lain lain.
Istilah lain dari film tentang kebencanaan ini adalah film tragedi. Prinsipnya sama saja, yaitu bercerita tentang kejadian luar biasa yang menjadikannya tidak normal yang dialami oleh manusia.

Sejak kapan film tentang bencana muncul?

Sebuah sumber menyatakan film tentang bencana mulai booming di era  1970-an serta dekade 1990-an . Nyatanya hingga sekarang film dengan genre khusus ini terus ngehits. Masih ingat dengan film titanic? Jika kamu anak 90an, jangan hanya terpesona dengan lagu Celine dion dan tampang imyutnya Leonardo Decaprio itu. Kamu juga bisa mengamati plot ceritanya yang termasuk dalam genre film tentang bencana. Meskipun dari skala bencana yang terjadi  hanya dialami para penumpang kapal yang nyatanya tercanggih di eranya. Namun tentunya dampak yang terjadi dirasakan pula oleh keluarga yang ditinggalkan. Dalam kaidah bencana, mereka dinamakan  secondary victim.

Siapa peminat film tentang kebencanaan?
Genre film ini ternyata memiliki peminat tersendiri. Genre ini menggabungkan peminat film yang menyukai action, thriller dan drama. Saya sendiri, sering membuat cuplikan video dari film dengan kategori ini dalam materi presentasi saya. Tentunya jika terkait dengan bidang psikososial yang saya pahami, maka saya membuat film pendek (biasanya dengan wondows movie maker) sebagai pengantar tentang kebencanaan.

Fakta menarik dari Film tentang Bencana.
Disini saya akan mengulas 5 fakta menarik tentang disaaster movie atau film tentang kebencanaan, yaitu:

1.Cerita bencana
Hafalan Shalat Delisa
Sumber : Google

Dalam film tentang bencana/ disaster movie, sudah pasti penonton akan disuguhkan sebuah kerusakan luar biasa yang terjadi. Kerusakan ini akan merusak tempat tinggal, pekerjaan, kehidupan sosial dan masyarakat secara umum dari film tersebut.
Penonton akan disuguhkan bagaimana bencana secara keseluruhan itu tidak dapat dielakkan. Seperti cerita dalam film hafalan shalat delisa (2011 ) yang menceritakan bencana tsunami Aceh.

2. Trauma

Kejadian bencana sudah pasti dibarengi dengan peristiwa traumatis yang dihadapi oleh korbannya. Baik itu kehilangan pekerjaan, kejadian kekerasan seperti percobaan perkosaan bahkan hingga pembunuhan sampai kehilangan seseorang yang dicintai. Dalam film bergenre bencana sudah pasti akan menggambarkan tentang trauma yang dialami oleh korbannya. Trauma ini bisa jadi melekat seterusnya hingga beberapa tidak bisa bertahan hidup, namun ada pula yang mampu bangkit melawan kejadian traumatis yang dialami.

3. Bertahan hidup

Hal yang paling menarik dari film bencana ini adalah kemampuan manusia untuk bertahan hidup. Manusia sebagai makhluk yang unik yang memiliki daya resiliensi  (daya juang) dalam menghadapi situasi yang ada. Tengok saja film seperti 2012 yang menceritakan tentang kiamat.
Sumber : Google

Kemampuan bertahan hidup ini digambarkan dengan drama yang demikian hebatnya karena setting film ini termasuk dalam kondisi tidak normal. Tokoh utama berusaha menyelamatkan anggota keluarga dengan segenap kemampuan yang dimilikinya dan akhirnya mampu selamat.

4. Pemilihan film
Bebearapa film bencana yang berhasil menggaet pemirsa biasanya dimainkan oleh aktor/ aktris  yang mumpuni. Kemampuan mereka menjadi pertaruhan seluruh tim untuk bisa menggambarkan bagaimana manusia bisa berjuang. Salah satu aktor favorit saya yaitu Bruce Wills yang mampu bermain apik dalam film Armageddon.
Sumber : Google


5. Kolosal
Untuk menggambarkan setting bencana, film jenis ini tentunya akan membuat setting kolosal yang dilakukan oleh banyak aktor dan aktris. Tentunya akan diikuti oleh jumlah biaya yang luar biasa fantastis. Catat saja film seperti The Impossible, the day after tomorrow dan banyak film yang bercerita tentang perang.  Kenapa para produser bersedia merogoh koceknya dalam-dalam untuk memproduksi film ini? Ya tentunya berbanding lurus dengan potensi keuntungan yang ada.

Nah, apa mbak Untari  dan mbak Ira Sulistiana tertarik melihat film-film dengan tema bencana? Jika ya, enjoy ya. 


6 komentar:

Vita Pusvitasari mengatakan...

Sudah nonton hafalan surat delisa, 2012 dan armagedon juga, iya lumayan sebagai pengingat diri ya mbak yuli 😀

Sri Untari mengatakan...

Hampir semua film tentang bencana aq suka. Biasanya memang bagus dr segi jalan cerita & efek visualnya

yuliarinta mengatakan...

Terim Kasih mbak vita dan mbak untari.
Saya termasuk suka, kecuali yang perang. Karena tragedinya lebih menyayat hati. Terima kasih sudah mampir. Ini sedang berjuang melihat setting coment.

Nuzha mengatakan...

Penasaran sama Armageddon.. nonton ah :))

Flo mengatakan...

Aku pernah nonton pembahasan film tentang meletusnya gunung krakatau. Film itu adalah film tentang bencana yang paling berkesan buatku. Tapi yang bikin dari luar. Pemerannya juga kayaknya bukan orang indonesia. Sampe sekarang masih penasaran sama film itu.

bman mengatakan...

Keren tulisannya bu

4 Hal menarik dari Sakura Collagen Anti Age’s dari PT. Meiji

Setiap perempuan pasti ingin tampil cantik di setiap kesempatan. Banyak cara yang dilakukan, mulai dari perawatan tradisional maupun mo...