Selasa, 10 Oktober 2017

Kontrak Perkuliahan di Pertemuan Pertama

Awal perkuliahan
Poltek Binatrada Semarang



Apa yang anda lakukan pada pertemuan pertama?


Secara umum, perkenalan dilakukan di pertemuan pertama. Baik itu dengan menyebutkan nama, alamat, profesi, maksud dan tujuan dan alat perkenalan lainnya.  Nah, sebagai seorang dosen, pertemuan pertama selalu diawali dengan perkenalan. Ada dua jenis perkenalan, yaitu perkenalan pribadi dosen dan yang kedua adalah perkenalan mata kuliah yang sedang dijalankan.  UU RI No 14 Tahun 2005 Tentang Undang-Undang  Guru dan Dosen di Pasal 27 menerangkan, salah satu beban kerja dosen yaitu merencanakan pembelajaran.  Beragam perangkat pembelajaran harus dirancang agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Salah satunya yaitu kontrak perkuliahan.

Kenapa harus ada kontrak perkuliahan?

Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda. (Noname)

Anda pasti setuju dengan betapa pentingnya “kesan pertama”. Jika kesan pertama kita pada sesuatu berjalan baik, pastinya pertemuan selanjutnya akan berjalan  dengan lebih mudah.  Kendala yang dihadapi dosen di pertemuan pertama biasanya adalah mahasiswa yang kurang fokus pada materi, sibuk dengan pikiran mereka masing-masing, ada yang senyum-senyum sendiri di pojokan sehabis mengecek hpnya. Nah, kontrak perkuliahan adalah “komitmen” yang dibuat oleh kedua belah pihak yaitu dosen dan mahasiswa tentang rencana pembelajaran yang akan dihadapi selama satu semester. Dengan adanya kontrak perkuliahan, dosen akan lebih mudah “menguasai” kelas karena proses belajar akan lebih teratur. Di sisi lain, mahasiswa juga akan menjadi lebih memahami apa saja materi pembelajarn yang akan mereka dapatkan, jenis-jenis evaluasi yang akan diberikan dan sumber referensi sebagai rujukan mata kuliah tersebut.

Definisi Kontrak Perkuliahan

Pada dasarnya yang dimaksud dengan kontrak perkuliahan atau kontrak pembelajaran adalah rancangan perkuliahan yang disepakati bersama oleh mahasiswa dan dosen (Suciati, 1997b:12-5).

Sebagai salah satu tenaga pengajar di Politeknik Bina Trada Semarang, saya pun wajib menyusun kontrak perkuliahan. Berdasarkan tugas yang diberikan oleh institusi, setidaknya ada tiga Mata kuliah yang harus saya persiapkan.  Selanjutnya di pertemuan pertama, kontrak perkuliahan tersebut saya sampaikan kepada mahasiswa. Salah satu hal yang biasanya selalu memancing kehebohan yaitu tentang toleransi keterlambatan. Sudah lazim, setiap mahasiswa selalu melakukan negosiasi dalam hal toleransi keterlambatan. Namun, umumnya dosen memiliki standar umum yaitu maksimal 15 menit setiap perkuliahan dan ketidahkadiran maksimal 25% dari total pertemuan.

Setelah penjelasan kontrak perkuliahan, mahasiswa akan lebih memahami apa yang akan dipelajarinya selama durasi perkuliahan. Jelas antara tugas dan tanggung-jawab masing-masing selama proses belajar mengajar. Selanjutnya, dokumen ini akan ditandatangani oleh kedua belah pihak, yakni dosen dan mahasiswa. Dengan kata lain, kontrak perkuliahan ini adalah sebagai alat monitor pelaksanaan proses belajar-mengajar.

Apa saja yag tercantum di dalam Kontrak Perkuliahan?

Sistem pembelajaran orang dewasa merupakan dasar utama diberlakukannya kontrak perkuliahan di pertemuan pertama.  Dimana faktor motivasi, kebebasan dan tanggunjawab adalah kunci utama dalam penyusunan setiap butir-butir di kontrak perkuliahan.

Berikut ini adalah konsep kontrak perkuliahan yang berlaku di istitusi saya.

KONTRAK PERKULIAHAN

Mata Kuliah:
Nomor KodeMK/SKS:
Dosen:
Jurusan/Program Studi:
Semester:

1. Deskripsi Mata Kuliah:
2. Manfaat:

3.   Tugas:……………………………
a.  Tugas Indiviual: ……………………………
b.   Tugas Kelompok:……………………………

4.   Penilaian
a. Aspek penilaian
Penilaian meliputi:…………………………………………

b. Bobot penilaian
Pembobotan Nilai:
Bobot Nilai Harian (NH) + Nilai portofolio: …………….
Bobot Nilai Ujian Tengah Semester (UTS): …………….
Bobot Nilai Ujian Akhir Semester (UAS): …………….
Nilai Akhir: NH + B UTS + C UAS
A + B + C 

5.   Jadwal Perkuliahan: ..
(*)T: Teori, P: Praktek,L:Latihan/Tugas Mandiri
6.Sumber kepustakaan

       Ttd Dosen Pengampu,                  Ttd Perwakilan Mahasiswa

Demikianlah esensi dari kontrak perkuliahan. Satu harapan penting yaitu, kontrak perkuliahan dapat menjadikan mahasiswa lebih kritis mengenai tujuan, strategi dan hasil belajarnya, dan membuat mereka lebih mandiri.

Nah, sisi lain tentang tentang pertemuan pertama, bisa kamu lihat di catatan mbak  Marita dan mbak Dini di #ArisanBlogGanjelRel, ya.


1 komentar:

Muna Sungkar mengatakan...

Kalo aku tak tambahin kapam waktu anak2 boleh japri aku mbak dan bagaimana caranya yg benar. Anak jaman sekarang suka ga sopan kadang wa tengah malam udah gtu bahasanya enggak banget

Jalan-Jalan ke Madura, Jangan Lupa Nikmati Keindahan Wisata Baharinya

Sumber: compaspetualang.com Kalau ngomong soal Madura pasti teringat dengan satenya. Iya, konon banyak pedagang dari Madura yan...