Kamis, 21 September 2017

5 Aplikasi untuk Blogger Pemula




Apakah kamu ingin belajar menulis?
Takut idemu yang begitu segar hilang begitu saja?
Males naskahmu ditolak penerbit mayor?
Tapi pengen tetap eksis?

Saat ini, ada solusi atas beberapa masalah di atas. Ya, ngeblog. Ngeblog sebagai aktivitas menulis yang dituangkan melalui media blog saat ini sudah menjadi hal yang populer. 
Beberapa manfaat menulis melalui blog diantaranya yaitu : 
Mengikat ide secara cepat
Menyalurkan hobi menulis dan 
Meningkatkan branding diri.

Lalu, bagaimana untuk blogger pemula. Bagaimana cara memulainya? 
Disini saya akan membagikan 5 aplikasi yang membuat aktivitas ngeblog menjadi lebih mudah,  yaitu :

1. Blogspot atau Wordpress




Logo sumber : google
Aktivitas ngeblog wajib dimulai dengan membuat  “rumah” untuk blog   atau bisa dikenal dengan Platform situs anda. Jaman dahulu, orang bisa memilih multiply sebagai penyedia platform gratis. 

Saat ini, blogger dan wordpress banyak diminati. Secara teknis blogger memiliki kemudahan set_up dan juga gratis. Dengan hanya bermodal alamat email,  kita  bisa membuat blog, menulis, mengedit dan mempu blikasikan tulisan dimana saja.


logo, sumber : google
Saat ini saya memiliki dua rumah yaitu www.yuliarinta.com yang lebih menceritakan tentang cerita keseharian atau tips parenting dan www.mypsikososial.blogspot.com yang lebih saya khususkan untuk kegiatan perkuliahan dan seputar kegiatan psikososial.

Kedua situs blog saya menggunakan platform blogger karena mudah setup dan melink-kan dengan  situs lainnya di google, seperti google rank/ analitic.

2. Microsoft Word atau Polaris office


Beberapa draft tulisan yang tersimpan

Sebelum memposting sebuah artikel, kita harus membuat draft tulisan. Ada dua pilihan yaitu menulis langsung di draft blog atau membuat draft di MS word. Saya memilih untuk membuat draft terlebih  dahulu di MS word dengan tujuan  agar bisa lebih aman. Beberapa kali saya menulis di draft langsung di blog lalu hilang. Ya, karena belum sempat tersimpan dan kehilangan sinyal atau keasikanmembuka aplikasi lainnya di hp atau laptop. So, lebih aman buat saya jika saya membuat satu folder dengan nama “blog” di laptop.
Android menawarkan banyak aplikasi untuk membuat tulisan, salah satunya yaitu Polaris office. Ketika sedang tidak bisa mengakses laptop, aplikasi polaris office bisa menjadi pilihan untuk membuat draft tulisan. Anda tinggal menuliskan ide lalu menyimpannya di drive atau drobbox, lalu anda bisa mengupload di situs blog milik anda.

3. Aplikasi Penyimpan Data (Drive atau Drobbox)
Setelah draft tulisan jadi, tentunya anda butuh menyimpannya. Pilihlah sebuat brankas penyimpanan yang aman dan mudah diakses dimanapun anda berada. Drive ataupun drobbox dari google bisa       men jadi satu pilihannya. Jadi anda bisa mengakses tulisan anda dan kemudian mengupload di situs blog  dimanapun dan kapanpun anda inginkan.

4. Photo Editor

Sebuah foto yang baik mutlak dibutuhkan untuk ngeblog. Saya termasuk pemula dalam aktivitas fotograpy, sehingga saya lebih memilih aplikasi yang mudah dipakai. Saya cukup memakai microsoft image editor dan sesekali menggunakan instamag untuk memberikan sedikit edit, khususnya menggabung-gabungkan gambar.
Sesuatu yang wajib saya miliki adalah kamera dengan foto yang bagus, sehingga menghasilkan sebuah gambar yang baik.

5. Buffer (Sosial media)

Salah satu langkah penting agar tulisan anda bisa dibaca orang yaitu membagikannya melalui buffer  yang anda miliki. Manfaatkanlah jaringan sosialmu agar teman-teman juga bisa mengaksesnya. Semakin banyak kunjungan ke blog maka akan semakin baik untuk meningkatkan nilai kepopuleran tulisan anda.
Beberapa akun media sosial yang saya manfaatkan yaitu :
Googleplus
Facebook
Whatsapp
Instagram
Twitter

Akun facebook yang biasa saya manfaatkan sebagai buzzer tulisan


Instagram @yuliarinta lebih populer dan mudah memakainya

Itulah beberapa aplikasi yang mudah digunakan yang bisa membantu blogger   pemula melanjutkan mimpinya menulis. Semoga bermanfaat yaa. At the end,  intip nih dua sahabat blogger saya yang jago, Mbak Rahma dan mbak Nyi Penengah

Happy blogging yaa

4 komentar:

Vita Pusvitasari mengatakan...

Aku pakai juga blogger ama buffer sosmed 😀

Rahma Mocca21 mengatakan...

Wah iya dropbox ya? Ak hampir melupakannya. Btw pgn nyobain buffer ig. Tfs mba. Makasih jg uda ramein arisannya yaa. Semoga makin sukses ngeblognya

Marita Ningtyas mengatakan...

Ngeblog ga usah dibikin ribet, yg penting enjoy ya mbak.

Cipluk mengatakan...

Laah aku mah baru tau beginian.
Wkatu itu mau coba wordpress, tapi pas masuk malah bingung. Menurt aku sih lbg gampang blogger. Gak bkin bingung.

Kaleidoskop 2017 : Sukses itu Senilai dengan Rasa Bahagia.

Sebagai sebuah pengantar, saya adalah seorang wanita dengan berpendidikan S2 dari kampus ternama di Indonesia.  Atas dukungan penuh dar...