Kamis, 26 Januari 2017

Kulit dan Isi

Lumpia adalah penganan yang terdiri dari kulit dan isi


Sumber gambar : http://dining.grivy.com/
Lumpia yang enak, memiliki tekstur kulit yang renyah dan kriuk. Pun begitu, isinya terasa gurih dan segar ketika dikunyah. Bedanya lupia dengan jajanan yang lain adalah isinya, berasal dari bagian pohon bambu yang sudah langka adanya di kota besar. Ya, betul! Sebutannya rebung. Rebung ditemani isian yang menghadirkan protein tinggi macam udang, ikan dan lainnya.

Banyak orang yang tertipu ketika membeli lumpia. Terlihat aduhai dari luar, namun ketika digigit jadi aduh hiiiiiii...gak enaaakkk.

Begitupun, manusia. Banyak yang sibuk memoles dirinya agar “kulitnya” terlihat mengkilap. Menutupi kekurangan yang ada di “isinya”. Lebih sibuk menonjolkan kelebihan dirinya sendiri kepada khalayak ramai, dan lupa memperbaiki kesalahan-kesalahan yang telah diperbuatnya.

Memang, semakin berjalan waktu kita akan belajar, bagaimana membedakan mana kulit dan mana isi. Namun, itupun jika kita menginginkanya. Asalkan kita mau.  Dan kita selalu mawas diri dengan selalu menghadirkan pertanyaan pada diri sendiri “Siapa saya daripada Apa karya saya”. Apakah perbuatan saya menonjolkan siapa saya? Ataukah saya lebih memberikan apa karya saya. Apakah itu berupa kebaikan? Seberapa banyak orang bisa ter”papar” oleh kebaikan itu? Dan sekian indikator kebaikan yang menjelaskan tentang “Apa”...

Lalu adakah yang salah dengan itu? Tentang Kulit dan Isi. Tentang Siapa dan Apa?
Tentu Tidak. Hanya sedikit memberikan penekanan. 
Bahwa keduanya sama-sama penting

Akhir kata,
Mari melihat dua sisi
Kulit dan isi harus sama-sama bergizi.
(Meminjam kata Bambang Trim, 2017) 

Salam #BePositif dari kota Lumpia

5 komentar:

Efi Fitriyyah mengatakan...

Iya ya mbak. Kita suka sibuk dengan tampilan luar kita. Pengen kelihatan baik di mata orang lain tapi sama Tuhan malah cuek.

Wahyu Widyaningrum mengatakan...

Penampilan memang kadang menipu ya Mbak. Cari yang berisi dan keren luar dalam nggak segampang dugaan kita :) makasih sharingna :)

Ika Puspitasari mengatakan...

Yang pasti kulit sama isi kalo bisa sama-sama nikmat, alias sama-sama bagus ya mbak

Dewi Nielsen mengatakan...

Rambut sama itam..hati beda-beda ya mbak :) Penampilan luar bisa menipu :)

Rahmi Aziza mengatakan...

Lumpia makanan favoritkuuuuh

Jalan-Jalan ke Madura, Jangan Lupa Nikmati Keindahan Wisata Baharinya

Sumber: compaspetualang.com Kalau ngomong soal Madura pasti teringat dengan satenya. Iya, konon banyak pedagang dari Madura yan...