Jumat, 10 Juli 2015

Program Dukungan Psikososial untuk TKI Purna Masalah

Berbagi ilmu adalah hal yang menyenangkan bagiku. Apalagi jika dengan melakukannya, kita bisa membantu prang lain. Aku merasa bermanfaat.
Seperti sebelumnya, ini adalah pengalaman ke3 ku menjadi debriefer PMI Pusat. Debriefer adalah seseorang yang melakukan debriefing, yang mendapatkan tugas oleh pihak tertentu untuk memfasilitasi kelompok tertentu dalam memahami situasi krisis ataupun bencana yang dialaminya, menjadi lebih baik, karena dia dibantu untuk memahami masalahnya dengan lebih logis, antara fakta dan perasaan, antara harapan dan kekhuatiran dan dengan berbagi dalam sebuah kelompok diharapkan mereka dapat belajar dari pengalaman yg lain dalam menghadapi masalah yg dihadapinya. Definis gado-gado ala aku, yg sudah sekian lama gak buka bukunya, hehehe.
Pengalaman debrieferku kali ini adalah pengalaman yang ketiga. Cukup menantang, karena kelompok yg akan saya fasilitasi besok cukup "survive" dengan apa yg mereka hadapi. Kali ini adalah program lanjutan PMI Pusat dalah memberikan dukungan psikososial bagi TKI purna masalah, kerjasama dengan BNP2TKI.
Sebelumnya saya pernah bertugas sebagai debriefer di penugasan di Sukabumi.
Kali ini, saya mendapat tugas dari mas Leo (kasubdiv PSP PMI Pusat) ke karawang, dengan ke7 geman debriefer yang lain. Kami akan memfasilitasi +-  orang TKI purna masalah di sana. Kami dibagi menjadi 4 kelompok, dan saya akan berpartner dengan mb tyas dari DKI Jakarta.

Tidak ada komentar:

Jadikan Hidup Kita Lebih Sehat : Hindari Rokok!

Pertemuan Blogger Semarang dengan Sembutopia "Wolrd No Tobacco Day_2018" Ayah saya (Alm) adalah seorang perokok, perokok ...