Rabu, 14 Januari 2015

Kenapa Spion ada di luar mah?

Pagi tadi seperti biasa, saya keluar rumah berbarengan dengan anak ke-2 saya Al berangkat sekolah TK-A. Perjalanan seperti biasa dimulai dengan pertanyaannya "Aku nggak telat kan mah?" pertanyaan wajib setiap kali dia "mau" berangkat sekolah. 
Kujawab "ehm, telat sih mas. Tapi dikiiit, mending lah daripada kemarin kita berangkat jam 08.00 lewat." Jawabku sambil melirik jam menunjuk pukul 07.50

Terus dia tersenyum. Yes dapet, dia lega dikit, teringat perjuangan 2 jam lalu mengajak dia mandi, sarapan dan ganti baju ditengah rengekan d ambekan setianya untuk bobok lagi.

Kali ini dia duduk di bangku depan, di sampingku. Pelan-pelan kubawa mobil keluar menuju jalanan ke sekolahnya.
"Mas, mundur dikit dong, mama mau lihat Spion" Kataku.
"Spion apa sih mah?" tanya Al
"Itu kaca yang ada di luar, mama mau liat jalan belakang"
"oooh....(sambil mikir)..spion kok ada diluar mah?"
"Iya, biar bisa melihat kebelakang, jadi mama gak nyerempet orang.
"Kan kasihan mah kalo diluar, tuh keringatan (maksud dia kena embun)
"Iya mas, spion ada di luar biar bisa lihat bagian belakang mobil atau samping kiri dan kanan lebih jelas. Tapi di dalam juga ada, nih di atas untuk melihat ke belakang." Kataku sambil menunjuk ke arah spion belakang yang ada di dalam.
"Ohmmmm........." Jawabnya sambil melihat-lihat keluar 
Dan percakapan kami berdua pun berlanjut ke bekal sekolah, mainan dia, cerita kartun sambil bernyanyi ria agar dia ceria sebelum belajar.

Pembicaraan tentang spion ini akhirnya membuatku berfikir, bahwa bagi seorang anak berusia 4 tahun memang hal ini adalah hal baru. Di kala info dan pengalaman hidupnya yang masih minim, anak anak usia dini perlu diberikan penjelasan beragam jenis cermin yang ada di bumi ini.
Ada cermin u melihat diri sendiri, seberapa cantik dan tidaknya diri kita. Selain harus dicari kualitas cermin yang baik (tidak cekung maupun cembung), juga dibutuhkan kejujuran bagi siapa saja yang melihat isi didalam cermin itu, hehehe..
Dan begitu pula cermin mobil/ sepeda motor, yang bisa "mengingatkan" kita pada hal-hal diluar diri kita yang harus kita jaga dan kita hormati haknya di "jalanan".
Jangan sampai kita terlalu "agresif" hingga "menyerempet" hak orang lain. Kita juga harus menjaga posisi diri kita agar tidak terlalu ke tengah melewati pembatas jalan, agar kita tidak "ditabrak" pengguna jalan lain dari depan. 
Spion-spion itu "wajib" kita gunakan setiap kali berkendara. 
Dan tidak hanya buat anak usia dini yang perlu tahu, namun sebagai manusia dewasa juga selayaknya kita "sadar" penggunaan spion ini dalam bertindak dan berperilaku.

Semangat Pagi

2 komentar:

Santi Dewi mengatakan...

Filosofinya mungkin begitu ya mak... :)

yuliarinta mengatakan...

Terimakasih mbak santi mau mampir..mungkin juga

4 Hal menarik dari Sakura Collagen Anti Age’s dari PT. Meiji

Setiap perempuan pasti ingin tampil cantik di setiap kesempatan. Banyak cara yang dilakukan, mulai dari perawatan tradisional maupun mo...