Selasa, 12 Juni 2012

Asesmen Kapasitas dan Pengembangan Diklat

Hari ini adalah tepat 8 hari aku masuk ke kantor baru. Kalau dibilang baru, sebetulnya tidak begitu juga, karena ini adalah unit lain dari kantorku yang lama. Namun bidang kerjanya berbeda, lebih ke arah klinis kesehatan. 

Kantor baru tentunya membutuhkan adapatasi yang baru juga. Untung saja, aku ditempatkan di bidang yang dulu sudah pernah kugeluti.
Hal pertama yang harus kulakukan adalah melakukan asesmen diklat dan membuat rencana pengembangan diklat. Konsep yang aku buat tergambar pada gambar di bawah ini:
Pengembangan & Manajemen Diklat
Pengembangan
SWOT & Strategi
Jenis & Jenjang Diklat
Kurikulum
Pelatih/Fasilitator/ Narasumber
Peserta Diklat
Penjadwalan Pelatihan
Sertifikasi Diklat
Manajemen
SOP Pelatihan
Profil Diklat
Profil Manajemen
Pengelolaan Gedung Diklat
Fasilitas
Bidang Usaha

Konsep di atas menjadi pegangan untuk pengembangan gedung diklat yang akan dipasarkan. Ini menjadi tantangan baru untukku. Namun di sisi lain, lain ladang lain belalang. Ternyata di tempat ini, challenge-nya lebih ke arah SDMnya.
Hal yang paling kutakutkan adalah jika aku tidak bisa beradaptasi dengan teman-teman baru. Namun insyaAllah aku akan berusaha untuk berbuat yang terbaik.
Hal yang harus kusyukuri adalah, Allah SWT memberikanku tempat kerja yang membuatku lebih dekat dengannya. Aku menemukan komunitas yang rajin beribadah. Hal ini adalah poin plus terbesar yang harus aku syukuri.
Alhamdulillah…always love You.


Tidak ada komentar:

Kaleidoskop 2017 : Sukses itu Senilai dengan Rasa Bahagia.

Sebagai sebuah pengantar, saya adalah seorang wanita dengan berpendidikan S2 dari kampus ternama di Indonesia.  Atas dukungan penuh dar...