Selasa, 24 Mei 2011

Yuk Kita Sukseskan Gerakan Mendongeng 20 Menit Sehari

Menjadi orang tua yang sibuk dengan aktivitas kerja di luar rumah, bukanlah alasan satu-satunya untuk tidak bisa dekat dengan anak-anak kita. Konsep “quality time” bisa menjadi pilihan dikala keterbatasan waktu kita bertemu dengan mereka. Karena waktu dengan anak bukan dilihat berapa lama kita berada di sampingnya, tetapi lebih dari berapa kualitas perhatian yang kita berikan pada mereka serta perasaan mereka terhadap perhatian tersebut.
Salah satu tips yang bisa kita lakukan di kala keterbatasan kesempatan bertemu yaitu dengan mendongeng untuk anak-anak kita. Karena mendongeng telah terbukti efektif dalam usia perkembangan anak-anak. Laura Numeroff, pengarang dan illustrator cerita anak-anak terlaris versi New York Times mengatakan, membacakan dongeng untuk anak selama 20 menit dapat meningkatkan kecerdasan dalam membaca dan menulis (Kompas, 2011). Dari sana sebuah gerakan “20 menit yang memukau: Wahana Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Menuju Keluarda Idaman (Indah, Damai dan Aman).
Dari uraian diatas, tidak ada salahnya, 20 menit setelah kita berada di rumah, sambil melepas lelah, kita biasakan untuk membacakan dongeng untuk anak kita, entah mau dongeng seperti apa, bisa kita sesuaikan dengan isi pesan yang ingin kita sampaikan. Peran pendongengpun tidak hanya dilakukan oleh ibu saja, tetapi akan lebih baik jika bisa bergantian dengan Sang Ayah, agar “attachment” bisa tercipta antara ibu-anak dan juga ayah-anak.
Referensi :
Kompas. (2011, Mei 23). Gerakan Mendongeng 20 Menit. hal. 12.

Tidak ada komentar:

4 Hal menarik dari Sakura Collagen Anti Age’s dari PT. Meiji

Setiap perempuan pasti ingin tampil cantik di setiap kesempatan. Banyak cara yang dilakukan, mulai dari perawatan tradisional maupun mo...