Minggu, 15 Februari 2009

Banyak larangan ke-anak akan menghambat perkembangannya


Sebagai orang tua, kita cenderung menginginkan anak kita selalu “aman”, tak ada resiko sedikitpun atas apa yang dilakukan, baik oleh orang lain atau oleh dirinya sendiri.
Kecenderungan ini membuat kita “melindungi” dari tindakan yang akan dilakukan, sehingga terkadang, kita membatasi apa yang dilakukannya dengan melarang. Jangan main gunting nak, jangan main-main air , jangan keluar rumah nak, ini panas..dan larangan-larangan lainnya.
Ketika anak kita selalu mematuhi larangan-larangan kita, kita merasa sangat puas. Namun sejatinya, kita telah melewati satu tahap perkembangannya. Karena, anak-anak seperti kita memiliki rasa ingin tahu yang besar-dan inilah yang akan menuntunnya mengetahui dunia lebih cepat.
Oleh karena itu sebagai orang tua, kita musti bijak dalam menanggapi aktivitas anak. Tidak terlalu cepat memberikan larangan atas apa yang akan dilakukannya. Tanyakan terlebih dahulu kedalam hati kecil kita-berempati-jika kita sebagai anak, apakah kita juga mau atas larangan yang kita berikan?
Ada beberapa prinsip-prinsip yang berkaitan dengan tingkah laku, yaitu: Reinforcement (positif dan negatif) serta Punishment (Positif dan Negatif).
To be continued….

Tidak ada komentar:

Kaleidoskop 2017 : Sukses itu Senilai dengan Rasa Bahagia.

Sebagai sebuah pengantar, saya adalah seorang wanita dengan berpendidikan S2 dari kampus ternama di Indonesia.  Atas dukungan penuh dar...