Rabu, 20 Agustus 2008

Perkenalan Medical Action Team Training..IV

Jakarta, 14 Juli 2008
22.26 WIB

Mengisi Materi di MAT IV

Hari ini aku mempunyai jadwal mengisi materi tentang perkenalan, penyampaian norma dan harapan pelatihan dan orientasi standarisasi Pelatihan PMI di Pelatihan MAT IV yang diikuti oleh 42 orang peserta dari 4 PMI Daerah (Kalbar, Lampung, Bengkulu dan …). Sebagian besar dari mereka adalah dokkter dan selebihnya adalah perawat serta bagian administrasi dan logistic.
Malam sebelumnya aku menyiapkan sebuah scenario untuk bahan presentasiku.
Aku ingin membuat sesi perkenalan ini berkesan untuk peserta pelatihan. Caranya akan kuawali dengan icebreaker “senam korea” yaitu senam tangan dengan diiringi musik yang cukup ngebeat……, setelah itu aku mengajak peserta untuk berdiri melingkar di tengah-tengah ruangan dan berkenalan dengan menyebutkan nama, asal dan satu hal boleh hobi/ pekerjaan/ status. Dimulai dari orang pertama kemudian orang pertama akan memberikan gelas berisi air minum penuh diberikan ke peserta ke-dua yang dia sukai selanjutnya dari ke-dua ke orang ke-tiga dst,,,,namun dengan satu catatan cara memberikan gelas antar peserta tidak boleh sama. Aku yakin metode ini cukup berkesan untuk mereka.
Namun apa yang terjadi justru sebaliknya...posisi tempat duduk peserta ternyata telah berubah. Biasanya mereka menggunakan kursi kuliah dengan posisi u shape sekarang mereka menggunakan kursi dengan meja berbentuk class room. Dengan begitu aku harus membuat rencana ke-dua untuk sesiku. Akhirnya aku tetap membuat acara perkenalan dan sesi orientasi pelatihan dengan cukup padat dan menyenangkan. Di samping itu, ternyata dengan peserta dari medis dan paramedic, ternyata joke-joke yang mereka pakai juga tidak jauh2 dari “biologis” hehehehe….

Tidak ada komentar:

Jadikan Hidup Kita Lebih Sehat : Hindari Rokok!

Pertemuan Blogger Semarang dengan Sembutopia "Wolrd No Tobacco Day_2018" Ayah saya (Alm) adalah seorang perokok, perokok ...